Banner Bawah

Pj.Bupati Buleleng Lihadnyana Instruksikan Perumda THB Lakukan SKM

Admin - atnews

2023-09-11
Bagikan :
Dokumentasi dari - Pj.Bupati Buleleng Lihadnyana Instruksikan Perumda THB Lakukan SKM
Slider 1

Buleleng (Atnews) - Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perusahaan Umum Daerah(Perumda) Air Minum Tirta Hita Buleleng(THB) menginstruksikan perusahaan tersebut untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebanyak dua tahun sekali.

“Ini sebagai sebuah bentuk evaluasi karena Perumda Air Minum(THB) merupakan perusahaan publik yang melayani masyarakat luas,” ujarnya saat ditemui usai menghadiri puncak peringatan HUT ke 37 Perumda Air Minum THB tahun 2023 di Gedung Kesenian Gde Manik, Singaraja, Minggu (10/9/2023).

Lihadnyana menjelaskan hal-hal yang menjadi poin pengarahannya di puncak peringatan HUT ke 37 Perumda THB ini. Pertama, Perumda THB sebagai perusahaan umum publik dinilai oleh masyarakat umum. Oleh karena itu, diperlukan SKM untuk mengetahui tingkat kepuasan dan juga mengetahui apa yang diperlukan oleh masyarakat.

“Sehingga kita mengetahui apakah layanan kita sudah memberikan kepuasan atau tidak kepada masyarakat. Mengetahui pula apa kekurangan kita. Itu harus dilakukan agar tahun depan bisa lebih baik dari sekarang,” jelasnya.

Kedua, Perumdam THB harus melakukan efisiensi sebagai konsekuensi dari digitalisasi. Dengan efisiensi, tidak ada kebocoran atau pemborosan yang tidak perlu. Salah satu bentuk efisiensi adalah dengan tidak menambah pegawai. Peringatan untuk tidak menambah pegawai sudah diberikan karena adanya digitalisasi ini.

“Beban kerja harus diukur dengan cermat. Lebih baik, pegawai yang sudah ada ditingkatkan kapasitasnya dan kompetensinya untuk bisa meningkatkan pelayanan publik,” kata Lihadnyana.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda Air Minum THB I Made Lestariana menyebutkan sebagai badan usaha layanan publik, perusahaan yang dipimpinnya telah melakukan SKM setahun sekali. Terakhir, SKM dilakukan pada bulan Januari 2023. SKM tersebut disebar melalui aplikasi perpesanan ke enam ribu pelanggan.

“Hasilnya hampir 99 persen menyatakan puas atas pelayanan kami. Selanjutnya, kami akan ikuti arahan KPM untuk melaksanakan SKM setahun dua kali,” sebutnya.

Mengenai digitalisasi, pihaknya menambahkan perusahaan telah mengembangkan sistem informasi berbasis aplikasi. Ia terus memacu jajarannya khususnya di Bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang) untuk terus mengembangkan aplikasi. Aplikasi tersebut mengarah kepada tidak digunakannya lagi kertas saat pendaftaran. Sehingga, perusahaan bisa memberikan pelayanan secara cepat.

“Kita memang harus seperti itu agar tidak ketinggalan. Masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan juga tidak harus menggunakan kertas dan datang ke kantor. Tidak menggunakan kertas. Hanya memasukkan data-data yang diminta dalam aplikasi,” imbuh Lestariana. (WAN) 

 
Banner Bawah

Baca Artikel Menarik Lainnya : Pangdam IX/Udayana Lantik 205 Bintara Prajurit Karier TNI-AD

Terpopuler

Bali Kebanjiran Timbulkan Kerusakan dan Trauma, Apa Strategi Mitigasi Pasca Rekor Hujan Ekstrem 10 September?

Bali Kebanjiran Timbulkan Kerusakan dan Trauma, Apa Strategi Mitigasi Pasca Rekor Hujan Ekstrem 10 September?

Garuda Wisnu Kencana dan Perubahan Sosial di Bali

Garuda Wisnu Kencana dan Perubahan Sosial di Bali

Sewa Pertokoan di Dalung

Sewa Pertokoan di Dalung

Perlindungan Sapi, Selamatkan Lingkungan

Perlindungan Sapi, Selamatkan Lingkungan

Pemuliaan Sapi, Pendekatan Teologi, Bukti Empirik dari Pendekatan Induktif

Pemuliaan Sapi, Pendekatan Teologi, Bukti Empirik dari Pendekatan Induktif

Gubernur Bali: Yayasan Kebaktian Proklamasi Harus Mampu Bangun Generasi Muda Bersaing Global

Gubernur Bali: Yayasan Kebaktian Proklamasi Harus Mampu Bangun Generasi Muda Bersaing Global